Kenali Nyeri Sendi Sejak Dini

Sendi dapat diibaratkan sebagai engsel pintu, pada engsel terdapat bantalan agar antara besi tidak bergesekan langsung. Juga ada pelumas agar tidak cepat karat. Demikian juga dengan sendi, terdapat

Sendi dapat digambarkan seperti engsel pintu. Pada engsel terdapat bantalan agar antar besi tidak bergesekan langsung. Juga ada pelumas agar tidak cepat karat.
Demikian juga dengan sendi, terdapat tulang rawan sendi sebagai bantalan antar tulang dan juga pelumas sendi agar sendi tidak nyeri.

Nyeri sendi akibat radang pada sendi yang biasa juga disebut pengapuran sebenarnya bisa menyerang siapa saja, umumnya yang sudah menginjak usia 35 tahun ke atas.

Yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri sendi adalah :
1. Berat Badan yang tidak Ideal
Pola hidup yang tidak seimbang menyebabkan berat badan jadi tidak ideal sehingga membuat keberatan berat badan. Berat badan yang tidak ideal membuat kerja sendi untuk menopang berat tubuh jadi berat, hal ini dapat memperpendek usia sendi.

2. Kurang tepat memilih olahraga yang sesuai.
Pada dasarnya semua olahraga itu baik untuk kesehatan, namun diperlukan juga nutrisi yang seimbang untuk menunjang kegiatan olahraga tersebut. Misalnya, fitness biasa melakukan angkat berat atau lari yang membuat gesekan antar sendi tulang beradu cukup kuat. Dalam waktu jangka panjang dapat menyebabkan tulang rawan sendi menjadi lebih cepat menipis.

3. Gaya hidup
Dengan berubahnya gaya hidup seseorang menjadi lebih modern dan tuntutan pekerjaan, seorang wanita sering memakai hi-hill. Sering menggunakan hi-hill dalam jangka waktu panjang juga membuat resiko nyeri sendi.

4. Sering naik-turun tangga
Sendi merupakan anggota tubuh yang secara terus-menerus mengalami tekanan. Saat berjalan, tekanan pada sendi mencapai 2 kali berat badan. Saat naik tangga, tekanan pada sendi mencapai 3 kali berat badan. Pada waktu turun tangga, sendi akan menopang tubuh 5x lipat. Jika kegiatan ini terus-menerus dilakukan, dapat menyebabkan nyeri sendi.

Untuk tetap memelihara kesehatan sendi agar umur sendi bisa lebih panjang dan awet diperlukan nutrisi sendi yang komplit. Nutrisi sendi yang baik minimal terdiri dari Glukosamin, Kondroitin dan MSM.

1. Glukosamin
Nutrisi ini berguna untuk membantu memproduksi pelumas sendi.
2. Kondroitin
Nutrisi ini berguna untuk membantu memperbaiki tulang rawan sendi
3. MSM
Nutrisi ini diperlukan sebagai anti nyeri (analgesik) alami untuk mengatasi nyeri sendi

Regard’s

Your Personal Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s