6 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Nyeri Otot

Mungkin Anda pernah merasakan rasa sakit setelah berolahraga. Rasa sakit itu adalah sebuah hal yang normal karena nyeri otot setelah Anda berolahraga. Tetapi Anda perlu mengerti kenapa nyeri otot tersebut terjadi, ada beberapa hal tentang nyeri otot yang harus Anda perhatikan:

KENAPA NYERI OTOT TERJADI

Nyeri otot setelah latihan terutama disebabkan oleh rusaknya serat otot Anda. Jelas Jacque Crockford, ahli fisiologi olahraga dan spesialis pendidikan di American Council on Exercise (ACE), yang berbasis di San Diego. Rusaknya serat otot ini yang menyebabkan respon inflamasi dalam tubuh, dan karena proses penyembuhan ini, akan terasa sakit. Ini adalah sebuah hal yang sangat normal dalam dunia olahraga. Perlu diingat bahwa rasa nyeri yang Anda rasakan bukanlah sebuah ukuran yang baik dari efektifitas latihan.

ANDA TERLALU MEMANJAKAN OTOT

Sama seperti kebanyakan dari kita, otot merengek ketika mereka diminta untuk bekerja lebih keras daripada biasanya. “Otot menjadi sakit ketika mereka sudah stress” kata Kyle Stull, MS, National Academy of Sports Medicine (NASM) instruktur fakultas di Dallas. “Stress ini adalah sebenernya sebuah hal yang baik karena menghasilkan adaptasi dari waktu ke waktu. “Namu, rasa sakit seharusnya tidak dirasakan sangat berlebihan sehingga memaksa Anda mengubah aktifitas normal Anda”.

RASA NYERI TIDAK DIRASAKAN SECARA LANGSUNG

Dalam beberapa hal, rasa nyeri yang dirasakan pada otot tidak dirasakan secara langsung setelah Anda selesai berolahraga. Hal yang wajar apabila Anda merasakan rasa nyeri setelah 36 jam. Rasa nyeri ini yang paling sering dirasakan setelah latihan angkat beban. Kalsium yang dikeluarkan dari otot mengirimkan sensor pesan ke reseptor rasa sakit Anda.

BERGERAKLAH SEBANYAK MUNGKIN

Bergeraklah sebanyak yang Anda inginkan, jangan duduk diam. Biasanya rasa sakit yang Anda rasakan terasa setelah Anda terlalu tidak bergerak. Contohnya seperti duduk di kantor terlalu atau terlalu lama tidur. Kontraksi dari kerangka otot seperti yang dirasakan setelah berjalan, membuat cairan pada tubuh untuk bergerak dan sirkulasi. Semakin banyak Anda bergerak selama 24 jam setelah Anda latihan, akan semakin bagus.

TIDAK PERLU MANDI DENGAN AIR DINGIN

Sebuah studi menyatakan bahwa mandi dengan air dingin tidak menjamin akan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan dari nyeri otot. Jadi silahkan mandi dengan air panas ataupun dingin. Karena tidak berpengaruh kepada rasa sakit Anda.

MUNGKIN ANDA MENGALAMI CEDERA

Apabil Anda merasakan rasa nyeri pada otot selama lebih dari 2 hari, mungkin Anda harus mulai berpikir bahwa itu adalah cedera, bukan rasa sakit yang Anda rasakan karena olahraga. Banyak orang yang beranggapan rasa sakit yang mereka rasakan adalah sebuah pencapaian akan hasil olahraga mereka. Tapi bedakanlah rasa sakit normal setelah olahraga atau Anda mengalami cedera.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s