10 Alasan Kesehatan Kenapa Kita Harus Minum Banyak Air

AIR MERUPAKAN SALAH SATU KOMPONEN PENTING DALAM TUBUH KITA

Terdapat sekitar 43 % sampai 75 % air-tergantung usia, lemak tubuh, dll. Kita bisa saja bertahan selama 4 sampai 8 minggu tanpa makan, tetapi tidak dengan kekurangan air. Diperkirakan bahwa kekurangan air bisa menyebabkan kematian kurang dari 10 hari, pada suhu kamar.

AIR BERFUNGSI SEBAGAI PENYALUR ZAT GIZI

Air bersirkulasi melewati saluran darah, membantu transportasi nutrisi dan oksigen menuju organ-organ serta sel dalam tubuh. Karena itulah, air berfungsi sebagai pelarut untuk nutrisi dan garam yang dibutuhkan untuk diserap oleh tubuh.

AIR SEBAGAI PEMBERSIH

Fungsi air menjadi media pembawa limbah metabolik dari tubuh, ini terlihat dalam bentuk urine dan keringat, dan merupakan salah satu fungsi paling penting air dalam tubuh kita.

AIR MEMBANTU MENGURANGI RISIKO BATU GINJAL

Sebagaimana kita ketahui, ginjal merupakan organ penyaring produk limbah dari darah dan menyalurkannya keluar tubuh melalui proses pembentukan urin. Peningkatan konsentrasi garam dalam urin meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, karena itulah fungsi air bekerja dengan melarutkan zat tersebut dalam bentuk pengenceran urin. Orang dewasa rentan terhadap batu ginjal, dan dianjurkan mengkonsumsi minimal 8 gelas setiap hari.

Air membantu mengurangi risiko sengatan matahari

Air menjadi faktor terpenting dalam fungsinya mengatur suhu tubuh kita. Pada kondisi cerah, kita akan berkeringat (mengeluarkan air) lebih banyak. Penguapan dalam bentuk keringat memiliki efek sebagai pendingin tubuh. Kekurangan kecukupan air, menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, dan merusak system pengaturah suhu. Efeknya adalah peningkatan suhu tubuh yang berakibat pada rusaknya organ vital karena sengatan matahari.

AIR MEMBANTU MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Ketika kita kehilangan cairan dalam tubuh melebihi tingkat optimal, baik karena tidak minum yang cukup, olahraga berat, penyakit, dlL. Maka tubuh akan menyesuaikan kekurangan cairan tersebut dengan cara mengambilnya dari darah. Sedangkan kekurangan cairan dalam darah akan menyebabkan sirkulasi darah menjadi lambat dengan tekanan yang meningkat. Karena itulah kita akan rentan terhadap tekanan darah tinggi. Minum air yang cukup adalah salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi.

AIR MEMINIMALKAN RISIKO PENYAKIT JANTUNG

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s