Jus Terbaik Untuk Diet! Semakin Kental Jus, Semakin Baik

Jika pada umumnya Anda membeli jus di luar terlalu manis dan juga encer karena terlalu banyak air, berbeda jika Anda ingin menjadikan jus sebagai menu diet. Semakin kental jus (smoothies) yang Anda minum, justru semakin baik dan cepat pula menurunkan berat badan Anda.

Tidak heran, karena semakin kental sebuah jus, maka semakin kenyang dan penuh perut Anda, sehingga tidak mudah tergoda dengan camilan yang tidak sehat. Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa rasa kenyang yang Anda rasakan setelah minum jus kental dan padat dengan hanya mengandung sekitar 100 kalori mampu memperkecil ukuran pinggang.

Penelitian lain juga mendukung bahwa hubungan antara perut kenyang dengan minum jus kental memang sudah terbukti mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding jika Anda meminum jus biasa yang encer, bahkan jika itu tidak ditambahi gula sama sekali.

Peneliti dari Wageningen University dari Belanda meminta para partisipan untuk meminum jus dengan tingkat kekentalan dan kalori yang berbeda. Jus dibedakan jadi empat, yaitu jus encer dengan 100 kalori, jus encer dengan 500 kalori, jus kental dengan 100 kalori dan jus kental dengan 500 kalori. Mereka minum gelas jus yang tidak diketahui berapa banyak kalorinya.

Partisipan akan dicek selama 10 menit sekali melalui MRI untuk mengetahui pergerakan jus di dalam perut mereka. Hasilnya, jus kental dengan 500 kalori mencapai hasil yang menakjubkan. Butuh waktu 82 menit untuk keluar dari perut. Dengan kata lain, semakin lama jus diproses semakin baik tubuh mencegah rasa lapar.

Bahkan jika jus kental dengan 100 kalori diproses oleh usus dengan cepat, namun perut memiliki perasaan masih kenyang. Jadi, jus kental lebih baik dibanding jus encer jika Anda ingin berhasil menurunkan berat badan. Penambahan serat buah dan sayur wajib untuk jus yang kental dan sehat, karena inilah yang membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s