Tentang Metabolisme: 5 Faktor Penentu Angka BMR Anda

Tentang Metabolisme: 5 Faktor Penentu Angka BMR Anda

Kita sering mendengar, metabolisme nya menurun nih, atau diet yang menaikan metabolisme. Tapi sebenarnya bagaimana cara mengukur tingkat metabolisme kita ?

BMR Adalah jawabannya.

LEMAK MEMBUAT METABOLISME KITA MELAMBAT

Tidak ada hal yang baik dari menimbun lemak. Lemak itu membuat metabolisme tubuh kita menjadi lambat, lemak bisa berada di pembuluh darah, lemak membuat jerawat, lemak bisa menyumbat jantung dan penjadi penyebab kematian dan metabolisme adalah satu satunya cara tubuh kita membuang lemak!
Metabolisme merupakan sebuah proses dimana tubuh anda mengkonversikan segala hal yang dimakan menjadi energi.
Tujuannya adalah supaya tubuh dapat menjalankan fungsinya.
Bahkan saat tubuh anda beristirahat ia tetap membutuhkan energi yang digunakan untuk bernafas dan memperbaiki sel – sel tubuh.
Dari pengertian ini saja sudah dapat anda pahami bahwa cara diet sehat dan cepat untuk mendapat hasil adalah dengan memaksimalkan metabolisme dan bukan dengan menurunkan tingkat metabolisme dengan tidak makan saat diet.
Apakah anda pernah bertanya mengapa ada orang makan tapi tidak gemuk gemuk? itu karena metabolisme dia sangat cepat !
Jumlah kalori yang tubuh anda butuhkan untuk melangsungkan proses ini disebut dengan Basal Metabolic Rate (BMR).
Setiap orang memiliki BMR yang berbeda – beda, banyak faktor yang menentukan.
Namun BMR ini harus anda penuhi setiap hari agar tubuh dapat menjalankan fungsinya.
Proses metabolisme merupakan suatu sistem kerja tubuh untuk menyalurkan sumber gizi kepada organ-organ fungsional yang dibutuhkan.

BMR merupakan satuan nilai energi yang dibutuhkan tubuh, baik selama fase aktivitas atau beristirahat. Penghitungan BMR digunakan untuk mengetahui seberapa besar kapasitas energi yang ditampung oleh tubuh.

screen-shot-2016-12-13-at-2-42-47-pm

Sebagai contoh ini adalah BMR saya.
untuk mendapatkan hasil seperti ini bisa di check di gym.

BMR saya adalah 1968 Kcal. yang artinya saya tidur gk ngapain – ngapain aja membutuhkan 1968 calories.

Kalau saya tambah olahraga seperti gym bisa meningkat jadi 2300 -2400 kalori.

Tinggi rendahnya angka BMR pada seseorang dilatarbelakangi oleh faktor tertentu. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi angka BMR secara spesifik:

1) Berat badan dan massa otot . 

screen-shot-2016-12-13-at-2-51-41-pm

Tidak hanya meningkatkan metabolisme. 76 KG dengan berat otot terlihat padat dari pada 76 kg hanya lemak saja Tanpa otot.

Mereka yang memiliki tubuh lebih berat otomatis memerlukan kalori yang lebih tinggi sehingga angka BMR nya tentu lebih besar.

Namun jangan salah !
mereka yang memiliki lebih banyak jaringan otot membakar kalori lebih banyak bahkan saat beristirahat.
Maksudnya, ada orang lain yang memiliki berat yang sama seperti saya 76.8 kg namun dia tidak pernah gym atau tidak memiliki massa otot tentu Angka BMR nya lebih rendah.
MASSA OTOT DAPAT MENINGKATKAN METABOLISME KAMU KARENA ITU KALAU KE GYM ANGKAT BEBAN JANGAN CARDIO ATAU KELAS SAJA ( KELAS ITU CARDIO).
Perlu di catat, BMR adalah jumlah kalori yang di butuhkan tubuh, orang obesitas yang hingga 100 kg tentu BMR nya tinggi sekali namun percuma karena pembakarannya lambat! Karena itu dia terus menggemuk. Untuk memperbaiki hal ini dia harus olahraga dan mengatur pola makan sehingga metabolisme nya kencang kembali.

Berat itu penting, itu yang membuat saya menjaga kondisi tubuh dan stay in shape 😛

2) Usia

Kadar metabolisme tinggi ditemukan pada usia pertumbuhan. Usia pertumbuhan merupakan usia yang banyak membutuhkan asupan energi dalam proses pembentukan dan penyusunan organ di dalam tubuh.

Semakin kita bertambah usia metabolisme kita akan semakin melambat karena sistem tubuh kita tidak optimal seperti dahulu.

Disaat kamu menginjak usia 25 Tahun bila tidak pernah olahraga, tidak menjaga pola makan pasti berat badan kamu akan terus bertambah walaupun pola makan kamu sama seperti 5 tahun lalu misalnya.

Semakin cepat anda memulai angkat beban semakin baik karena membangun massa otot masih lebih mudah akibat hormon kita yang masih produktif.

Bayangkan kamu membuat otot di usia 25an dengan di usia 40an . Sudah lemak yang mau dibuang lebih banyak

3) POLA MAKAN 

Bila kamu ingin merubah dan mengatur pola makan kamu itu bagus. Tapi harus di ingat, bila kalori kamu terlalu defisit maka metabolisme kamu akan rusak . Misalnya gini kebutuhan kalori kamu 1 hari itu 1500. Bagusnya kurangin 20% saja . jadi kamu sehari makan 1300 saja.

Kamu sabar nanti lama kelamaan lemak kamu akan turun terus.

Tapi,

Apa bila kamu mau makan cuma 500 kalori sehari juga tidak apa pasti turunnya lebih cepat. Kenapa lebih cepat ? karena kamu terlalu kekurangan energi akibatnya energi di ambil dari massa otot . Dalam jangka panjang metabolisme kamu melambat.

Hasilnya adalah seperti ini 1-2 minggu pertama berat timbangan turun dengan cepat nih, setelah itu stuck , lalu berat kembali bahkan lebih berat dari sebelumnya !

BILA KALORI DARI POLA MAKAN KAMU TERLALU SEDIKIT MAKA BERAT KAMU AKAN TURUN DENGAN CEPAT , TAPI MASSA OTOT JUGA TURUN ! 

4) Jenis Kelamin

screen-shot-2016-12-13-at-2-42-36-pm

Pada umumnya pria membakar lemak lebih banyak karena pria jauh lebih mudah membangun massa otot dengan kehadiran testosterone dibanding pada wanita.

Ketika wanita berlatih beban pun ia tidak perlu takut badan akan besar.
karena perbanding hormon testoterone wanita ada 1:11. jujur, membangun massa otot itu sangat sulit. 3 kg massa otot dalam 1 th saja susah sekali. saya sampai ke gym 5x seminggu padahal terkadang hanya naik 1 -2 kg saja ( dalam 1 tahun).
karena wanita yang tidak ada testoterone tidak perlu takut.
semua wanita kekar yang kalian bayangkan itu menggunakan steroid !
saat wanita sudah berlatih beban focus lah pada bentuk dan size badan kamu bukan timbangan !
perhatikan gambar di atas 1 kg lemak dan 1 kg otot sangat beda jauh. Lemak makan tempat  ! Berat otot itu sudah irit tempat bikin badan kamu terlihat kencang dan lean ! BUKAN KEKAR SERAM !
Pria membutuhkan kalori lebih banyak karena badannya lebih besar juga, emangnya ada pria memiliki berat cuma 50 KG ? ada sih kalau ceking banget. hehe

5) Aktivitas yang Dilakukan

Aktifitas fisik dan latihan seperti berlatih beban, jogging, bersepeda, serta aktifitas lainnya membutuhkan kalori yang jauh lebih besar setiap harinya.
Namun jika anda serius untuk meningkatkan tingkat metabolisme maka saya lebih menyarankan untuk mulai berlatih beban, karena selain terjadi peningkatan jumlah massa otot dan meningkatkan metabolisme akan terjadi juga efek afterburn yang luar biasa.
Apa itu afterburn?
Kondisi dimana tubuh tetap aktif membakar kalori lebih banyak bahkan saat anda beristirahat pasca berlatih.
Tidur saja masih membakar kalori loh.
Kardio juga dapat meningkatkan kebutuhan kalori misalnya gini. Kebutuhan energi kalian 1000 perhari. Di hari itu kalian ada kardio 30 menit dan membakar 200 kalori ( tulisan di mesinnya sih gitu padahal gak akurat palingan cuma 150 kalori).
nah jadi kebutuhan kalori 1150 ( kira – kira) karena ada aktivitas extra kan.

Selain itu kamu harus ingat, pola makan itu penting ! Kardio setengah jam saja barubakar 150 kalori. Makan pisang goreng 1 menit 300 kalori. LOL.

Kesimpulan

Perlu di garis bawahi,
bahwa metabolisme sangat membantu kita membakar lemak dan menjaga berat badan tubuh kita.
Lantas mengapa yang terjadi pada diri saya adalah terus menerus menambah berat badan?
Karena semua tergantung pada program diet kalian misalnya ? contoh pisang goreng di atas ?
Juga tergantung dari banyak faktor lainnya seperti :
– pemilihan pola latihan yang anda inginkan
– jenis makanan yang anda konsumsi
– hormon yang anda miliki
– kualitas istirahat apakah anda cukup tidur ?
– bahkan sampai ke tingkat stress karena stress memiliki peranan dalam program diet anda.
– Usia
Mohon di ingat ya
METABOLISME HANYA SALAH SATU KUNCI UNTUK MEMPERCEPAT FAT LOSS KALIAN. PERCUMA MEMPUNYAI METABOLISME KENCANG TAPI TETAP MAKAN SEGUNUNG DAN KALORI SURPLUS.
Metabolisme kalian sekencang apapun tidak akan cukup untuk membakar junk food , dessert, gorengan ataupun snack yang kalian konsumsi setiap hari.
Regards
Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s