Peregangan 10 Menit Sebelum Tidur Bantu Kurangi Gejala Menopause

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi gejala menopause dan depresi yang dialami wanita di usia pertengahan. Salah satunya adalah dengan melakukan peregangan, meskipun hanya 1o menit.

Itu adalah hasil studi yang dilakukan Physical Fitness Research Institute di Tokyo. Dalam studi ini, peneliti mengamati 40 wanita Jepang usia 40 sampai 61 tahun. Separuh wanita diminta melakukan peregangan selama 10 menit setiap sebelum tidur, selama tiga minggu. Sementara 20 orang lainnya hanya diam saja di tempat tidur.

Tim peneliti mengevaluasi gejala menopause yang dirasakan menggunakan pertanyaan tentang gejala vasomotor (seperti hot flashes dan menggigil), psikologis (mood dan gangguan tidur), serta nyeri tubuh.

“Di awal studi, lebih dari setengah partisipan mengalami fase postmenopausal dan hampir dari dua per tiganya mengalami depresi. Mereka juga umumnya tidak begitu aktif secara fisik,” tutur ketua peneliti, Yuko Kai.

Setelah tiga minggu, kelompok yang melakukan peregangan memiliki skor jawaban yang lebih baik di mana mereka melaporkan lebih sedikit mengalami gejala menopause. Tapi, frekuensi hot flashes yang dialami tidak ada perbedaan.

Menanggapi hal ini, Dr JoAnn Pinkerton, direktur eksekutif The North American Menopause Society mengatakan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah partisipan yang lebih banyak dengan gejala menopause beragam. Kemudian, perlu diketahui apakah peregangan saja atau apapun aktivitas lain yang dilakukan pada dasarnya memang bisa mengurangi gejala menopause yang dialami.

“Patut diingat menerapkan pola hidup sedentari tidak baik bagi tubuh. Sehingga, tetap aktif termasuk minimal olahraga 30 menit sehari ditambah peregangan 10 menit bisa berdampak baik, termasuk mengurangi gejala menopause seperti hot flashes dan perubahan suasana hati,”.

Leave a Reply