Menangis Bisa Menurunkan Berat Badan?

Seorang pakar menyebutkan bahwa menangis lepas dapat membantu menurunkan berat badan. Sains bisa menjelaskan klaim tersebut, namun keraguan tentangnya juga bermunculan. Klaim bahwa menangis bisa menurunkan berat badan antara lain muncul dari pernyataan dr Pete Sulack, yang menyebutkan bahwa tangisan yang sehat bisa meredakan stres. Perubahan hormon yang terjadi berhubungan juga dengan metabolisme lemak di dalam tubuh.

Sebuah penelitian di St Paul Ramsey Medical Center mengungkapkan bahwa air mata mengandung sejumlah hormon stres seperti prolactin, adrenocorticotropic, dan leucine enkephalin. “Semua itu diproduksi oleh tubuh manusia saat mereka berada dalam kondisi stres,” kata dr Pete.

Berkurangnya hormon stres, menurut dr Pete membuat sistem metabolisme berubah. Saat tubuh merasa lebih rileks, penumpukan lemak berkurang sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Namun dalam praktiknya, efek menangis terhadap metabolisme dinilai tidak seberapa besar. Pakar kesehatan dari Yerevan State Medical University, dr Robert Petros dalam artikelnya di Livestrong menyebut secara fisik mengangis hanya membakar sedikit sekali kalori.

Bahkan ia mengingatkan, kadang-kadang menangis juga merupakan gejala depresi. Penurunan berat badan saat seseorang menangis karena depresi bisa saja terjadi bukan disebabkan oleh perubahan laju metabolisme, melainkan oleh hilangnya nafsu makan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s