Mengapa Payudara Terasa Nyeri Saat Sedang PMS?

PMS merupakan saat yang sulit bagi beberapa perempuan. Selain merasakan mood swing alias mood yang naik turun, tubuh juga mengalami beberapa gangguan fisik. Salah satunya adalah payudara yang terasa nyeri. Sejumlah wanita kadang sampai merasakan nyeri seperti ditusuk jarum.

Sebelum menstruasi alias masa PMS payudara akan jadi besar, bengkak, dan terasa berat. Lalu normalkah ini? Selama siklus menstruasi produksi hormon estrogen memang meningkat dan akan mencapai puncaknya sebelum mencapai siklus pertengahan menstruasi. Inilah yang menyebabkan kelenjar payudara membesar.

Sebelum memasuki menstruasi atau premenstrual, hormon progesteron meningkat dan memuncak pada hari ke 21 (pada siklus 28 hari menstruasi) dan menyebabkan pertumbuhan kelenjar susu pada payudara. Pembengkakan ini diikuti dengan keluhan bengkak dan nyeri pada payudara. Kondisi ini masih norma.

Ada cara untuk mengatasi rasa nyeri ini. Usahakan selalu untuk mengonsumsi makanan sehat dan melakukan diet seimbang dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Kurangi konsumsi gula, garam, dan juga kafein.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s