4 Trik Mudah Cegah Buah Berubah Warna Setelah Dipotong

Buah akan berubah warna jika dipotong. Ini karena adanya enzim yang bereaksi dengan oksigen. Proses ini dinamakan dengan browning enzimatic. Berubahnya warna pada buah atau sayur ini tak berbahaya, namun berubahnya warna ini akan membuat buah jadi terlihat tidak menarik.

Kamu tidak perlu khawatir, ternyata ada trik mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah buah atau sayur berubah warna setelah dipotong. Yuk simak beberapa tips mudahnya seperti berikut ini:

  • Tips pertama yang bisa kamu coba adalah memotong buah di dalam air. Proses ini akan membantu menghentikan oksidasi dan tidak membuat buah jadi berubah warna.
  • Selanjutnya kamu bisa coba untuk menggunakan jus lemon atau jus nanas. Olesi buah dengan jus ini akan memperlambat reaksi enzim.
  • Ambil semangkuk air dan campur dengan garam. Rendam buah yang sudah dipotong di dalamnya selama kurang lebih 2 menit.
  • Tips berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan merendamnya dalam air yang dicampur dengan madu. Caranya sangat sederhana. Kamu hanya perlu merendam buah-buahan selama 30 detik dalam campuran 2 sendok makan madu dan 1 gelas air. Buah tersebut akan tetap segar dan cerah dan tidak berubah warna selama kurang lebih 8 jam.

Tidak perlu bingung lagi saat akan menyajikan buah di acara penting kamu bukan? Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s