Timbang Setiap Hari Bantu Turunkan Berat badan

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, dengan menimbang berat badan Anda setiap hari dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Journal of Obesity menyatakan, di antara orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan, mereka yang menimbang berat badannya setiap hari dan mencatatnya hasilnya, rata-rata mereka turun sebesar 3 persen dari berat badan mereka selama setahun.

Sebagai perbandingan, orang-orang yang tidak menimbang berat badannya setiap hari rata-rata tidak terjadi perubahan yang signifikan dalam berat badan mereka.

Apalagi, setelah itu orang-orang yang menimbang berat badannya setiap hari mampu mempertahankan berat badan mereka selama satu tahun, memepertahankan berat badan untuk tidak naik merupakan hal yang sulit daripada menurunkannya. “Ada ribuan cara menurunkan berat badan,” kata David Levitsky, seorang profesor nutrisi dan psikologi di Cornell University. Levitsky menambahkan,”Menurunkan berat badan tidak masalah, tetapi untuk mempertahankan berat badan untuk tidak naik adalah suatu masalah.”

Dalam studi tersebut, peneliti mengatakan bahwa 162 orang diizinkan untuk melakukan apapun yang mereka biasa lakukan untuk menurunkan berat badan selama setahun. Tujuannya agar semua orang dalam studi ini kehilangan 10 persen dari berat badan awal mereka.

Tapi para peneliti memberikan timbangan untuk 88 peserta, dan mengatakan kepada mereka bahwa mereka harus menimbang diri mereka setiap pagi dan mencatatnya pada sebuah grafik. Sisanya 74 orang tidak diberikan timbangan dan tidak menyuruh mereka untuk menimbang diri mereka setiap hari.

Para peneliti juga menemukan bahwa hampir 29 persen dari orang yang menimbang berat badannya setiap hari kehilangan setidaknya 5 persen dari berat awal mereka sepanjang tahun, tetapi hanya sekitar 11 persen dari orang-orang di kelompok pembanding kehilangan sebanyak itu. Pada kedua kelompok, persentase orang yang benar-benar kehilangan setidaknya 10 persen dari berat badan mereka selama setahun itu kecil jumlahnya. Namun, itu di orang-orang yang menimbang berat badannya setiap hari masih lebih tinggi sekitar 9 persen, dibandingkan dengan yang tidak hanya sekitar 5 persen.

Baru-baru ini, banyak saran yang berkaitan dengan penurunan berat badan yang menyarankan bahwa orang tidak harus sering menimbang berat badannya sendiri. Namun, ide bahwa orang harus menghindari menimbang berat badannya setiap hari, “tidak didasarkan pada data yang sangat empiris,” kata Levitsky.

Beberapa penelitian baru bahkan menunjukkan sebaliknya bahwa menimbang berat badan setiap hari dapat membantu penurunan berat badan. “Ada banyak data yang keluar sekarang menunjukkan bahwa lebih sering Anda menimbang diri Anda, semakin baik Anda dapat mengontrol berat badan Anda,” kata Levitsky.

Tapi beratnya sendiri juga dapat bertindak sebagai cara untuk menghukum perilaku yang merugikan penurunan berat badan. “Jika Anda menemukan apa yang Anda lakukan kemarin membuat berat badan bertambah, saya berpikir bahwa bertindak sebagai penguatan negatif,” kata Levitsky. Bagaimana? apakah Anda ingin mencoba trik tersebut saat diet?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s