Bagaimana Cara Membaca Tabel Nutrisi

Bagaimana Cara Membaca Tabel Nutrisi

Saat membeli makanan, kita sering dipusingkan dengan berbagai macam teknik marketing yang persuasif. Salah satu cara agar kita tidak mudah tergiur dengan promosi dan salah pilih makanan, kita harus melihat tabel nutrisi yang ada pada kemasannya.

Mempelajari cara membaca tabel nutrisi, memahami, dan membandingkan label makanan dapat membantu memanajemen, mengontrol, dan menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Simak cara membaca tabel nutrisi berikut ini:

Perhatikan Takaran Penyajian dan Jumlah Penyajian
Takaran penyajian merupakan bagian penting dari tabel nutrisi yang harus diperhatikan. Jumlah takaran penyajian menunjukkan seberapa banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan. Selain takaran penyajian, kita juga harus memerhatikan jumlah penyajian sehinga kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan tersebut.

Persentase Nilai Harian
Pada bagian persentase nilai harian (percent daily value) kita bisa melihat beragam kandungan nutrisi pada makanan beserta persentase jumlah masing-masing bagian di dalam makanan tersebut. Hal yang penting untuk kita pahami adalah penyusunan persentase nilai harian ini berdasar pada kebutuhan kalori orang dewasa rata-rata, yaitu sekitar 2000 kalori per hari. Tidak semua orang membutuhkan 2000 kalori per hari. Anda bisa saja membutuhkan kalori lebih sedikit atau lebih banyak bergantung pada jenis keamin, usia, aktivitas, tinggi dan berat badan.

Kalori
Kalori merupakan jumlah energi yang terkandung pada makanan.

Kalori dari Lemak
Sebaiknya asupan kalori dari lemak tidak melebihi 30% jumlah kebutuhan kalori Anda.

Lemak Total
Lemak total yang terdapat pada tabel menunjukkan jumlah lemak secara keseluruhan yang terkandung pada makanan.

Kolesterol
Jumlah asupan kolesterol yang disarankan adalah 300 mg per hari atau kurang dari jumlah tersebut. Pada penderita kolesterol tinggi, jumlah maksimal kolesterol yang disarankan adalah sebesar 150 mg per hari.

Garam
Jumlah asupan garam yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah sekitar 1500 mg per hari.

Karbohidrat Total
Jumlah karbohidrat total menunjukkan jumlah keseluruhan karbohidrat yang terdapat di dalam makanan, baik yang bersumber dari serat maupun yang berasal dari gula.
Protein

Jumlah protein yang tercantum pada tabel menunjukkan jumlah protein yang terkandung di dalam satu kali penyajian makanan.

Vitamin dan Mineral
Perusahaan makanan biasanya diminta untuk mencantumkan kadar vitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam makanan, tetapi biasanya mereka mencantumkan kandungan vitamin dan mineral lain yang juga terdapat di dalam produk mereka.

Catatan Kaki
Perhatikan pada bagian catatan kaki tabel nutrisi, apakah berdasar kebutuhan 2000 kalori atau 2500 kalori.

Mari perhatikan tabel nutrisi dan atur pola makan. Pola makan sehat adalah bagian penting dari pola hidup sehat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s