5 Makanan Terbaik Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Tidur yang cukup sangat penting untuk mengoptimalkan perbaikan dan pertumbuhan otot. Sayangnya, kita sulituntuk memperoleh waktu tidur yang direkomendasikan, yaitu 7-9 jam setiap malam.

Kualitas tidur juga mempengaruhi produksi Human Growth Hormone (HGH) yang penting bagi pembangunan otot. Selain itu, kurang tidur juga membuat Anda sukar menurunkan berat badan. Untungnya, beberapa jenis makanan mampu membantu Anda terlelap. Jangan lupa memasukkan makanan ini ke daftar belanjaan Anda.

2

SALMON

Sebuah studi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi salmon 3 kali seminggu selama 6 bulan mencapai deep sleep lebih cepat dibandingkan mereka yang memperoleh lebih banyak protein dari ayam atau sapi. Penikmat salmon ini cenderung memiliki detak jantung yang lebih stabil dan kadar vitamin D yang lebih tinggi. Kekurangan vitamin D memang berpengaruh buruk terhadap kualitas dan kuantitas tidur. Selain salmon, ikan makarel, sarden, dan ikan lemak lainnya juga tak kalah ampuh.

6

POLONG-POLONGAN

Polong-polongan ternyata juga berperan membuat Anda terlelap. Makanan merupakan sumber serat, tiap setengah cangkirnya mengandung 15 gram serat. Sebuah studi tahun 2016 dari Columbia Medical School mengungkapkan bahwa diet tinggi serat ternyata dapat membuat Anda lebih lama berada pada keadaan tidur dengan gelombang lambat, sebuah tingkat dalam tidur nyenyak yang bersifat restoratif terhadap tubuh.

3

JUS CERI TART

Jus ceri tart juga ternyata mampu memperbaiki kualitas dan durasi tidur. Ini karena kandungan melatonin dalam buah yang biasa dijadikan hiasan kue tart ini mampu menangkal insomnia. Melatonin merupakan hormon yang mampu mendukung kebiasaan tidur nyenyak. Pilih jus yang mengandung 100% ceri. Hindari produk yang mengandung banyak filler.

5

KACANG KEDELAI

Isoflavon merupakan salah satu senjata rahasia yang ampuh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Senyawa ini dapat ditemukan pada kacang kedelai. Sebuah studi pada Nutrition Journal mengungkapkan bahwa asupan isoflavon yang lebih tinggi berhubungan dengan perbaikan durasi dan kualitas tidur. Isoflavon memiliki efek estrogenik yang ringan. Karena estrogen berperan dalam mengatur tidur Anda, masuk akal bila asupan yang lebih tinggi dapat memicu tidur yang nyenyak.

4

PISTACIO

Pistacio mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Mengkonsumsi segenggam pistacio setiap hari mampu membantu Anda tidur lebih nyenyak. Kacang hijau ini merupakan sumber vitamin B6, vitamin yang diperlukan tubuh untuk memproduksi melatonin dan serotonin. Bila Anda kesulitan mengontrol porsi saat mengkonsumsi kacang yang enak ini, cobalah mengkonsumsi kacang yang masih belum dikupas. Kegiatan mengupas kulit ini mampu membantu mengontrol asupan Anda.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s