Berenang Untuk Menurunkan Berat Badan

Telah banyak penelitian yang menyebut bahwa berenang dapat meningkatkan fungsi kardiovaskuler dan menurunkan risiko berbagai penyakit degeneratif. Tapi apakah berenang dapat menurunkan berat badan? Biasanya, ketika memulai latihan baru, tubuh Anda cenderung mengalami penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan tubuh memenuhi tantangan baru dan berupaya maksimal. Akibatnya tubuh dapat membakar kalori lebih banyak.

Jadi dari sudut pandang tersebut, jika Anda baru saja mulai berolahraga, berenang adalah latihan yang bagus untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, asalkan tetap dibarengi pola makan yang sehat. Tapi bagaimana berenang dilakukan untuk program penurunan dan manajemen berat badan berkelanjutan? Seperti berjalan atau jogging, berenang sangat baik sebagai latihan kardio karena bekerja pada seluruh tubuh.

Gaya Berenang

Gaya bebas, gaya kupu-kupu, atau gaya dada dapat membakar hingga 350 kalori per 30 menit. Tapi ini sehubungan dengan berenang yang maksimal. Sementara jika berenang santai hanya membakar 200-250 kalori per 30 menit. Artinya, jika Anda ingin membakar 400-700 kalori Anda harus menambahkan latihan selama satu jam.

Mix Latihan Lain

Berenang adalah latihan utama Anda. Namun setelah itu, Anda dapat melakukan latihan beban atau yoga ketika berada di rumah. Latihan tambahan tersebut akan membantu menambah otot dan juga meningkatkan metabolisme Anda.

Meningkatkan Metabolisme

Lari adalah olahraga yang sangat baik untuk meningkatkan metabolisme Anda. Tapi siapa bilang Anda tidak bisa mencoba sprint di kolam renang. Jika Anda suka dengan berenang, masuk ke kolam dan lakukan beberapa putaran pemanasan. Kemudian berenang satu putaran secepat yang Anda bisa. Berhenti lalu berenang kembali perlahan-lahan. Lakukan setidaknya 6-8 kali dan metabolisme Anda akan meningkat.

Pola Makan

Setiap latihan harus dilengkapi dengan makan makanan yang tepat. Untuk meningkatkan metabolisme, Anda harus menerima asupan protein yang cukup. Berenang dapat secara efektif menurunkan berat badan. Namun bukan hanya berenang, untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga harus dibarengi dengan latihan yang cerdas dan keras.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s