Seberapa Besar Pengaruh Alkohol Terhadap Fitness Goal?

Seberapa Besar Pengaruh Alkohol Terhadap Fitness Goal?
Bila Anda adalah seseorang konsumen minuman beralkohol dan sedang berupaya menjalankan program diet atau pola hidup sehat lainnya, Anda mungkin pernah berpikir, “Apakah kebiasaan minum alkohol dapat berpengaruh pada fitness goal saya?” Alkohol memang menjadi godaan yang lebih sulit dikendalikan bagi sebagian orang.

Bagi mereka, mengurangi minum minuman beralkohol adalah hal yang lebih sulit dari pada mengurangi porsi makan.
Jadi, bagaimana alkohol dapat memengaruhi fitness goal kita? Berikut ini adalah beberapa informasinya yang perlu Anda ketahui:
Mengganggu Metabolisme

Tubuh kita seperti sebuah mesin pintar yang dapat menangai sendiri racun yang masuk ke dalam tubuh. Acetaldehyde dan acetate, terbentuk dari reaksi kimia yang diakibatkan oleh konsumsi minuman beralkohol. Anda mungkin akan segera menyadarinya ketika Anda merasa harus pergi ke kamar mandi segera setelah minum beberapa gelas.

Tubuh akan menggunakan zat yang tidak diinginkan sebagai bahan bakar dan memperlambat kemampuan alami metabolisme tubuh. The Journal of Clinical Investigation menyatakan bahwa kandungan etanol dapat menggantikan peran lemak sebagai bahan bakar yang akan dioksidasi oleh tubuh. Proses oksidasi ini menyediakan sekitar dua-pertiga dari kalori basal yang diperlukan. Hal ini tentu menjadi pernyataan yang jelas bahwa alkohol dapat menggangu proses metabolisme tubuh, dan memicu naiknya berat badan, karena proses penguraian lemak menjadi energi tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Menurunkan Level Testosteron dalam Tubuh

Konsumsi dosis etanol yang tinggi, sekitar 1.5 g/kg (dari dosis rata-rata yang hanya 120 g), dapat menimbulkan efek menekan terhadap produksi testosteron sebesar 23%. Testosteron merupakan hormon yang berperan sangat penting dalam proses perkembangan tubuh dan otot. Zat-zat yang terkandung dalam alkohol akan diolah dalam hati, dan dapat menjadi racun bagi substansi pelepas hormon testosteron. Hal tersebut menyebabkan massa otot dan tubuh sulit untuk berkembang akibat konsentrasi hormon testosteron pada tubuh yang berkurang.
Merusak Kualitas Tidur

Beberapa orang berpikir bahwa dengan menenggak beberapa gelas minuman beralkohol akan membuat tidur mereka lebih baik, akan tetapi hal tersebut jauh dari kenyataan sebenarnya. Tidur sangatlah penting untuk masa pemulihan, konsumsi alkohol dapat memberikan efek negatif pada pola tidur, hal tersebut hanya akan menimbulkan perasaan lelah dan stres fisik pada tubuh Anda. Oleh karena itu, konsumsi alkohol secara tidak langsung dapat memengaruhi kemampuan daya tahan tubuh seseorang akibat kelelahan, serta kualitas tidur yang buruk.

Nol Manfaat

Poin terakhir yang sangat jelas, alkohol hanyalah minuman yang sama sekali tidak memiliki nilai manfaat nutrisi bagi tubuh. Konsumsi alkohol secara umum juga diketahui dapat merusak kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Jadi, meskipun Anda mengonsumsi dan menjalankan pola makan sehat, makanan tersebut dikhawatirkan tidak akan berguna dan tidak akan menghasilkan manfaat bagi tubuh.

Alkohol sejatinya memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk fitness goal Anda. Pengaruh minuman beralkohol dalam diet sehat tidak dapat membuat Anda lebih dekat dengan fitness goal yang Anda idamkan. Kurangi kebiasaan mengonsumsi alkohol untuk proses yang lebih optimal. Sayangi diri Anda, dan jadilah pribadi yang lebih sehat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s