Manfaat Kacang-kacangan Untuk Diet dan Fitnes

Kacang-kacangan adalah istilah untuk menyebut tanaman biji-bijian atau polong-polongan. Kacang-kacangan menjadi terkenal sebagai bahan makanan penurun berat badan karena mengandung banyak gizi, energi serta dapat menurunkan kolesterol. Berbicara mengenai diet, Anda juga bisa memasukkan beberapa jenis kacang kedalam daftar menu Anda. Berikut akan kami sajikan macam-macam kacang yang bermanfaat untuk diet dan fitnes.

Kacang Merah

Kacang merah sering digunakan sebagai sajian pelengkap bisa berupa sup, salad, maupun berupa topping. Dalam 100 gr, kacang merah mempunyai kandungan energi sebesar 336 kilokalori, protein 23,1 gram, karbohidrat 59,5 gram, lemak 1,7 gram, kalsium 80 miligram, fosfor 400 miligram, dan zat besi 5 miligram.  Selain itu juga terdapat vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,6 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Salah satu manfaat kacang merah yaitu untuk mengontrol berat badan. Kacang merah mengandung protein sehingga dapat berperan sebagai nutrisi penting pengganti nasi yang dapat menyebabkan kegemukan. Kacang merah sangat baik untuk dikonsumsi selama masa diet karena kacang merah juga mengandung protein nabati yang dapat mencegah timbulnya sel kanker pada usus besar. Kandungan protein nabati juga bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh. Jadi kacang merah juga dapat dikonsumsi selama Anda sedang menjalani fitnes.

Kacang Hijau

Kacang hijau sudah sangat dikenal di Indonesia karena sering dibuat sebagai bahan pelengkap onde-onde, kolak, bubur dan masih banyak lainnya. Kacang hijau sangat bermanfaat untuk melangsingkan tubuh (diet) serta untuk membangun massa otot karena memiliki kandungan protein yang tinggi sebanyak 7gr/ 100gr.

Kacang hijau juga kaya serat sekitar 7,6gr/ 100gr. Kacang hijau rendah karbohidrat, yakni hanya sekitar 19 gr/100 gr. Kacang hijau mengandung lemak sehat yakni omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Kacang hijau juga kaya vitamin dan mineral, mengandung asam folat dan vitamin B yang tinggi sebesar 0,2 mg/100 gr serta kaya akan enzim aktif.

Kacang Brazil

Bagi anda yang sedang diet dan seorang perokok aktif, tampaknya Anda harus memasukkan jenis kacang ini kedalam daftar menu diet Anda. Kacang brazil juga memiliki selenium yang merupakan komponen penting untuk mengatasi kanker terutama kanker prostat.

Kacang Almond

Kacang almond kaya akan serat makanan. Jadi jika Anda memasukkan kacang almond ke dalam daftar menu diet Anda, Anda akan terhindar dari resiko sembelit. Selain itu, kacang almond juga kaya akan vitamin E yang dapat membuat kulit Anda tampak lebih berkilau dan mencegah penuaan dini sehingga Anda akan selalu terlihat awet muda. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan kacang tanah, karena kacang tanah mempunyai kandungan gula yang sedikit serta kaya akan nutrisi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s