Tips Membangun Otot Untuk Wanita

Memang, ketika menyebut ataupun memikirkan tentang otot, yang segera terlintas dalam benak adalah sosok pria atau lelaki. Padahal hakikatnya wanita juga perlu akan otot tersebut. Seperti yang dikutip dari sebuah forum wanita mengenai latihan beban bahwa, otot = penurunan berat badan. Untuk itu salah satu jalan menurunkan berat badan, bisa dengan menjalankan rangkaian proses membangun otot. Yang pada akhirnya tidak hanya mampu menurunkan berat badan, juga baik untuk memperindah penampilan. Pengetahuan seputar membangun otot sangatlah diperlukan, tetapi bermodalkan itu saja tidaklah cukup.

Tetapi apa yang harus dilakukan setelah menjauhi segala mistake tersebut? Beberapa arahan atau tips sebagai panduan dalam membangun otot tersebut. Berikut adalah beberapa tips bagi wanita yang ingin membangun otot agar lebih kencang dan indah.

PAKSAKAN DIRI

Walaupun sedang tidak ingin latihan terlalu berat atau berlama-lama, tetaplah maksimalkan diri kita saat latihan. Paksakan untuk melakukan latihan hingga batas kemampuan (failure), sehingga dengan demikian kita tetap mendapatkan substansi latihan. Kemudian ulangilah latihan dengan ritme, intensitas, frekuensi (resistance training) yang terus meningkat setiap kalinya. Semakin harder set yang dilakukan, semakin besar pula jumlah lemak yang terbakar dan semakin baik juga bentuk badan yang akan terlihat. Dengan resistance training menghasilkan pembakaran pada lemak, dan dengan resistance pula akan menguatkan otot dan pada akhirnya akan tercipta tubuh dengan tone yang enak dipandang.

MEMANFAATKAN LATIHAN COMPUND

Bersahabatlah dengan ketiga latihan compound seperti deadlift, squat, dan bench press. Sebab ‘The Big Three Exercises’ tersebut banyak direkomendasikan dalam upaya membangun otot. Ketiganya wajib dimasukan kedalam program latihan demi menggapai sebuah build conditioning, kekuatan/daya tahan, dan dilakukan untuk membangun sebuah kondisi fisik, mereka selalu harus dimasukkan dalam rencana latihan Anda dengan cara tertentu karena mereka membangun kondisi, kekuatan, dan pembesaran.

KONSISTENSI LATIHAN BEBAN DALAM SEMINGGU

Anda haruslah berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu, namun untuk membangun otot setidaknya berikanlah waktu lebih banyak bagi weight training agar hasilnya segera mengena pada tubuh. Jika untuk sementara waktu jumlah angkatan Anda mulai meningkat dan terus menerus meningkat, artinya Anda sudah memiliki kemampuan untuk mencoba menambahkan setidaknya satu sampai dua sesi latihan lagi dalam seminggu sebagai alternatif. Bagi pemula, cobalah untuk memulai latihan beban dua kali dalam seminggu.

LATIHAN KARDIO DAN LATIHAN BEBAN

Kalian menginginkan untuk bisa fokus melakukan kedua latihan tersebut secara bersamaan, seperti halnya bersepeda namun setelah itu langsung dihajar dengan latihan beban. Hal tersebut sah saja untuk dilakukan, namun alangkah baiknya semua memiliki plot waktunya masing-masing. Sesuatu aksi yang jenius, menggabungkan antara latihan kardio dan latihan beban dalam upaya membangun otot. Namun janganlah memperlakukan kesalah satunya atau keduanya secara berlebih di waktu yang sama.

JAGA POLA MAKAN

Dalam hal ini tidaklah hanya cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat, tetapi sangatlah perlu juga asupan yang dapat memanjakan otot secara signifikan agar kualitas otot tidak menurun. Jika hanya membatasi jumlah asupan kalori (diet) adalah bagian dari program penurunan berat badan, maka setelah kalori pergi barulah Anda bisa berjuang membangun otot. Namun jika mencoba menurunkan berat badan secara bersamaan dengan membangun otot, maka porsi makanlah yang harus dikurangi. Tetapi sebelumnya pastikan jumlah protein dalam tubuh tetap sama sebelum anda memulai latihan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s