6 ALASAN KENAPA WANITA BERATNYA TERUS BERTAMBAH

Apakah banyak di antara kalian yang bertanya kenapa saya sekarang menggendut? 4-5 tahun lalu padahal berat saya tidak segini? Apa lagi kalian wanita tentu tekanan-nya lebih berat mengapa? karena pria sangat menjujung tinggi penampilan dari setiap wanita.  Tidak seperti pria berpikir “gpp gemuk yang penting uang banyak” . Well, memang penampilan wanita adalah salah satu faktor penting dalam hidupnya.

Ingat lah hukum rimba ini :

– a woman’s loyalty is tested when her man has nothing

– a man loyalty is tested when he has everything.

Mari kita bahas lebih rinci kenapa semakin anda bertambah umur anda semakin gemuk.

1. PENURUNAN HORMON

Semakin anda bertambah umur kadar hormon pun menurun. Hormon adalah pembangun sel otot utama. Dalam hal ini bisa di simpulkan bahwa massa otot di tubuh anda akan menurun sehingga tubuh anda semakin membutuhkan sedikit kalori perhari nya. mungkin dulu waktu muda anda membutuhkan 1400 kalori/hari . sekarang menjadi 1100  kalori/ hari. Hal ini berlaku di pria juga, yang jumlah hormon testoterone nya menurun ketika bertambah umur tapi tidak separah di wanita. Hal ini di karenakan kadar testoterone wanita ada 1:10 dengan pria. Jadi pasti wanita lebih cemat gemuk di banding pria.

2. PENURUNAN MASSA OTOT = PENURUNAN METABOLISME

Massa otot tidak hanya membantu meningkatan kebutuhan kalori anda tetapi juga mampu meningkatkan metabolisme anda.Metabolisme adalah sistem pembakaran kalori dalam tubuh. Ketika kita semakin tua , massa otot di organ organ pun mengalim penurunan, kinerja ginjal, liver dan lain lain tidak sebagus waktu kita muda. sehingga makanan yang tadi nya hanya berjumlah 400 kalori saat di serap tubuh kita saat muda bisa menjadi 700 kalori di saat kita tua.  

3. TIDAK PERNAH BEROLAHRAGA

Olahraga adalah kunci atas semua masalah ini semua, olahraga dapat meningkatkan massa otot dan juga metabolisme. Tetapi semakin kita tua tuntutan hidup pun bertambah kita semakin sibuk, tidak ada waktu, semakin gampang letih dan tidak pernah berolahraga.

Anda harus ingat tidak ada yang bisa mengalahkan waktu dan umur. ANDA mungkin malas/ letih tetapi WAJIB BEROLAHRAGA. kecuali anda tidak peduli dengan penampilan, ya sudah itu pilihan anda.

your life = your choice.

4. TIDAK MENJAGA PORSI MAKAN

Mungkin anda makan dengan porsi yang sama saat anda muda, tapi karena fungsi tubuh mengalami penurunan di segala hal, penyerapan makananmu tidak semaksimal dulu . Anda harus makan dengan porsi lebih sedikit disesuaikan dengan kebutuhan kalori anda, Kebanyakan malah para wanita terlalu suka ngemil dan ujung ujungnya complain beratnya kenapa bertambah

5. SEHABIS HAMIL DAN SEDANG MENYUSUI

Saat kita dalam tahap menyusui tubuh kita akan terus kelaparan karena memberikan asi membutuhkan kalori cukup banyak, karena itu ibu ibu yang sedang menyusui selalu berasa lapar terus, Hal ini wajar dan di maklumi tetapi masalahnya banyak ibu di luar sana yang mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi dan tinggi kalori secara berlebihan saat fase ini . Padahal ibu menyusui hanya membutuhkan kurang lebih 400 – 500 kalori dari jumlah kalori biasanya.

Alhasil mereka pun bertambah berat saat fase menyusui karena satu hal : TIDAK MENJAGA PORSI MAKANAN YANG MEREKA KARENA NAFSU MAKAN.

Setelah itu Setelah hamil berat cenderung bertambah, badan pun menjadi kendur dan segala macam. Kebanyakan hanya di diamkan saja, Padahal bila ingin di perbaiki seperti dulu pun cepat kok.

6.INFLAMASI 

Inflamasi adalah bagian dari immune tubuh untuk fase penyembuhan. contoh : tubuh anda lecet mengeluarkan darah terus berwarna merah (inflamasi) , tubuh terbentur menjadi biru/ bengkak (inflamasi).  Inflamasi  selalu memberikan kode seperti contoh sebelum nya, warna merah, bengkak, biru dan lain lain.

NAMUN, yang bahaya adalah SILENT INFLAMMATION -> inflamasi yang terjadi dalam tubuh namun tidak kita rasakan. Misalnya : Alergi makanan, kita alergi tapi tidak tahu timbul gejala atau jadi penyakit !

Apa yang terjadi Saat tubuh kita alergi makanan ?

Focus seluruh tubuh kita adalah mencerna atau menyembuhkan alergi itu. sehingga makanan yang kita cerna pun tidak di fokuskan lagi – > bisa menjadi lemak.

berikut beberapa contoh makanan yang bisa meningkatkan inflamasi dalam tubuh : klik disini.

Masalahnya adalah saat bertambah tua, bila anda tidak menjaga pola makan dan rajin berolahraga semua tubuh anda akan mengalami inflamasi ! Bisa di bilang semua sel – sel di tubuh anda menjadi kurang efektif. Anda akan menua lebih cepat. Apakah anda pernah mengukur bodyfat di gym ? dan hasilnya adalah anda memiliki metabolisme tubuh yang tidak sesuai dengan tubuh anda ? Misalnya anda umur 27 tahun tapi memiliki metabolisme 35 tahun ? ini adalah salah satu alasan tersebut. Bila anda sudah gemuk makan anda akan semakin gampang menumpuk lemak.

BAGAIMANA SUPAYA KITA TIDAK BERTAMBAH GEMUK DI HARI TUA?

OLAHRAGA DAN MENJAGA POLA MAKAN ! olahraga yang di rekomendasikan adalah cardio & weight lifting, mengapa?

Cardio dapat meningkatkan kebutuhan kalori anda. kebutuhan kalori yang tinggi dapat membuang lemak.

Angkat beban dapat meningkatkan metabolisme, memperbaiki sistem gerak, membentuk lekukan tubuh yang indah. Bila kamu wanita tidak perlu takut menjadi kekar !

Saya nutritionist dan profesional trainer Alvin Hartanto berani menjamin, Bila kamu wanita dan ingin angkat beban, kamu tidak akan PERNAH MENJADI WANITA KEKAR SEPERTI BAYANGAN KAMU.

Weight Lifting juga dapat meningkatkan massa otot tubuh, sehingga anda tidak perlu khawatir akan penurunan massa otot di hari tua. Semakin muda ( di atas 17 – 22 th) untuk memulai weight lifting semakin baik ! karena hormon masi tinggi pembuatannya otot pun lebih mudah, di hari tua tinggal maintain saja.

KESEHATAN & OLAHRAGA ADALAH INVESTASI TERBAIK

Ini hanyalah saran dari kami, kamu bebas mempercayai apapun yang ingin kamu lakukan.

Regards Your Trainer & Nutritionist

Alvin Hartanto

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s