Makanan Terbaik Sebelum dan Sesudah Olahraga

Makanan Terbaik Sebelum dan Sesudah Olahraga
Dalam dunia kebugaran, terdapat beberapa pertanyaan klasik yang para ahli selalu dengar dari banyak orang setiap harinya.

Misalnya seperti bagaimana saya bisa berhasil dalam olahraga? Bagaimana saya bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat, membakar lebih banyak kalori, dan tetap merasa cukup berenergi untuk melakukan latihan? Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Padahal, banyak aspek yang dapat memengaruhi situasi Anda tersebut.

Ada satu jawaban simpel yang bisa membantu menjawab semua hal tersebut, yakni makan! Atau lebih spesifik lagi, makan dengan makanan yang baik dan di waktu yang tepat.

Pentingnya Makan Sebelum Berolahraga
Anda makan atau tidak sesaat sebelum berolahraga, penelitian menunjukkan tubuh tetap membakar lemak dengan jumlah yang sama. Tetapi Anda dapat kehilangan massa otot jika sering melakukan olahraga dengan perut kosong.

Hal tersebut terjadi karena saat Anda merasa lapar, tubuh secara otomatis berubah ke dalam fase bertahan hidup (survival mode), dan mulai banyak menarik protein dari jaringan otot sebagai pengganti ginjal dan hati, organ di mana tubuh normal mendapat asupan protein.

Saat hal ini terjadi, Anda akan kehilangan banyak massa otot, yang dapat berakibat pada pelambatan metabolisme tubuh dan membuat Anda semakin sulit menurunkan berat badan.
Selain itu, jika Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong, Anda tidak dapat memberikan cukup energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas dan latihan.

Apa Makanan Terbaik Sebelum Olahraga
Makanan terbaik yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga adalah makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks dan protein yang cukup. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan dan camilan favorit sebelum olahraga yang bisa Anda pilih:
1. Nasi merah dengan ayam (1/2 mangkuk).
2. Ubi dengan brokoli yang dikukus dan disajikan bersama minyak zaitun (1 mangkuk).
3. Havermut (1/2 mangkuk).
4. Pisang dengan mentega almond (2 sendok makan).
5. Biskuit gandum (10 buah).
6. Apel dan kacang kenari (1/4 mangkuk).

Pentingnya Makan Setelah Berolahraga
Selama berolahraga, tubuh akan menarik glikogen yang tersimpan pada otot, kemudian jaringan otot akan kehabisan glikogen dan mulai rusak. Makan atau minun sesuatu yang mengombinasikan protein dan karbohidrat 30 menit-1 jam setelah latihan dapat mengisi kembali cadangan energi, membentuk dan memulihkan massa otot, serta membantu metabolisme tubuh Anda menjadi lebih kuat.
Semakin cepat Anda makan, semakin baik. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan tubuh mengisi ulang cadangan tenaga di jaringan otot akan berkurang sebanyak 50% jika Anda menunda makan hingga 2 jam setelah berolahraga.

Apa Makanan Terbaik Setelah Olahraga
Berdasarkan jurnal dari International Society of Sport Medicine, mengonsumsi protein dan karbohidrat adalah pilihan terbaik setelah olahraga. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan dan camilan favorit yang direkomendasikan untuk dimakan setelah berolahraga, di antaranya seperti:
1. Protein shake, dibuat dengan pisang, susu, 1 sendok bubuk protein, dan biji rami.
2. Salad dengan buncis yang dipanggang (1/2 mangkuk).
3. Sayuran tumis atau kukus (1 mangkuk) dan tahu (1/2 mangkuk).
4. Roti gandum (2 potong) dan selai kacang (2 sendok makan).
5. Nasi merah dan ayam (1/2 mangkuk).

Tetap menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh baik sebelum dan sesudah olahraga adalah salah satu hal penting, hal ini tentunya akan menjamin hasil optimal dari olahraga yang Anda lakukan. Cara diet dan pola hidup sehat sangatlah sederhana, yang terpenting adalah tetap terjaganya pola makan dan asupan makanan yang baik bagi tubuh.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s