Cara Membesarkan Otot Dada

Memiliki bentuk dada yang bidang memang merupakan impian banyak pria,hal itu di karenakan otot dada dapat memberikan nilai yang lebih terhadap penampilan seorang pria. Oleh karena itu wajar saja jika otot dada merupakan bagian yang sering di latih oleh banyak pria saat melakukan fitness hal itu di karenakan agar otot dada dapat terbentuk sempurna.

Berikut ini ada beberapa cara membesarkan otot dada yang sudah banyak di praktekan dan berhasil, yaitu :

  • Lakukan push up. Latihan yang sering diabaikan ini berfokus untuk membangun otot-otot bahu dan dada bagian atas. Berbaringlah telungkup di lantai dan mulailah dengan tangan dibentangkan selebar bahu, dengan kaki terentang ke belakang. Angkat tubuh Anda dari lantai dengan tangan Anda sampai siku Anda lurus, lalu turunkan kembali tubuh Anda ke lantai. Lakukan 3 set dari 15 kali push up, atau sebanyak yang Anda bisa sampai tubuh Anda lelah. Tambahkan lebih banyak repetisi ketika kekuatan Anda bertambah. Selain itu Push up juga melatih trisep dan bahu (deltoid). Cobalah variasi ini: angkat kaki Anda dengan meletakkan kaki di atas balok atau anak tangga sebelum melakukan latihan ini. Ini memberi tekanan pada bahu dan dada bagian atas.
  • Bench Press. Gerakan bench press sebenarnya merupakan latihan yang paling sempurna untuk seluruh otot tubuh bagian dada kita. Ketika kita melakukan gerakan ini, seluruh otot tubuh bagian dada mulai dari genggaman tangan kita sampai otot abdominal di perut, termasuk otot dada kita akan bergerak dan terlatih.
  • Dips. Gerakan Dips sebenarnya merupakan salah satu variasi gerakan push up yang fungsinya melatih otot dada, bahu, dan tricep. Melakukan latihan ini akan juga memperkuat otot inti dan keseimbangan otot di kedua sisi tubuh.

Namun adapun 2 hal yang perlu di hindari saat anda ingin latihan membesarkan otot dada, antara lain yaitu :

  1. Jangan overtraining. Karena ingin segera mendapatkan bentuk dada yang bidang, tidak sedikit yang mencoba melakukan latihan yang bekerja pada otot dada secara intens. Latihan yang seimbang dan sesuai adalah kunci keberhasilan Anda.
  2. Rotasi bahu berlebih. Apabila ketika latihan yang melibatkan rotasi pada bahu Anda paksakan secara berlebihan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami cedera sendi. Dan hal itu tentunya akan menghambat latihan pembentukan otot dada.

Selain latihan, asupan nutrisi melalui pola makan sangat penting perannya dalam program pembesaran otot dada. Kuncinya adalah kurangi makanan berindeks glikemik tinggi seperti nasi putih, roti putih, es krim, gula, atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Karbohidrat dan lemak tetap diperlukan sebagai sumber energi saat latihan. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, atau gandum. Sementara sumber lemak sehat bisa didapat melalui kacang-kacangan, alpukat, atau minyak zaitun. Jangan lupa, protein merupakan bagian paling penting dalam pembentukan otot.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s