5 Alasan Kenapa Berat Badan Tidak Mau Turun Meski Sering Olahraga di Gym

5 Alasan Kenapa Berat Badan Tidak Mau Turun Meski Sering Olahraga di Gym
Saat mengetahui baju yang Anda pakai tak muat lagi, sebuah inisiatif untuk datang ke gym atau tempat fitness akhirnya muncul. Dengan semangat berapi-api Anda datang untuk melakukan olahraga dengan rutin. Namun, setelah beberapa minggu berjalan, skala pada timbangan tidak juga bergerak. Parahnya, berat badan justru naik. Akhirnya Anda jadi frustrasi dan enggan pergi olahraga.

Sebelum semangat juang Anda habis, coba simak alasan kenapa berat badan enggan hilang dari tubuh meski sudah rajin fitness berikut ini.

1. Terlalu Sering Melakukan Kardio Ringan
Jangan lakukan kardio ringan seperti bersepeda atau berlari ringan di atas treadmill saja. Memang benar, nanti Anda akan berkeringat, namun metabolisme tubuh tak akan meningkat dengan tajam. Coba praktikkan karido yang memiliki intensitas tinggi semisal Tabata atau HITT.

2. Tidak Mengatur Pola Makan dengan Baik
Banyak yang bilang jika ingin berat badan turun, maka atur pola makan. Prinsipnya, ketika kalori defisit, lemak di dalam tubuh akan ikut terkikis. Coba praktikkan pola hidup sehat ini perlahan-lahan.

3. Mengangkat Beban Terlalu Ringan
Cobalah keluar dari zona nyaman. Jika Anda bisa mengangkat barbel di gym seberat 30 kilogram, maka jangan angkat barbel yang beratnya 20 kilogram saja. Memperbanyak latihan beban dengan berat maksimal akan meningkatkan metabolisme hingga 48 jam.

4. Tidak Melakukan Gerakan yang Benar
Setiap gerakan dari fitness memiliki fungsi masing-masing. Ketika melakukan barbell squat, otot kaki Anda akan dilatih dengan baik. Namun, jangan sampai gerakan yang dilakukan salah, ya. Kesalahan akan menyebabkan otot tak bekerja maksimal dan risiko cedera jadi besar.

5. Melakukan Gerakan yang Sama Setiap Hari
Tubuh manusia memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Saat Anda melakukan gerakan yang sama setiap hari, tubuh akan menganggap latihan itu sebagai sesuatu yang biasa. Akibatnya, otot tidak dirangsang untuk melakukan metabolisme dengan baik. Fase ini sering disebut dengan masa plateu. Untuk menghindari hal ini, latihan yang berganti-ganti setiap hari agar metabolisme tubuh tidak menurun.

Nah, sekarang sudah jelas kan kenapa Anda selalu gagal menurunkan berat badan meski sering ke tempat fitness? Yuk, ubah menjadi lebih baik!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s